Memahami Tugas dan Fungsi Broker Asuransi serta Alasan Mengapa Perlu Menggunakan Broker Saat Memilih Asuransi

Memahami Tugas dan Fungsi Broker Asuransi serta Alasan Mengapa Perlu Menggunakan Broker Saat Memilih Asuransi

Jaminan perlindungan dibutuhkan untuk mengantisipasi resiko terjadinya kondisi yang tidak diinginkan. Asuransi sebagai salah satu bentuk perlindungan yang berguna untuk meminimalisir dampak dari suatu kejadian sehingga terciptanya rasa nyaman dan aman bagi individu setiap individu. Dalam memilih asuransi yang tepat dibutuhkan pendapat ahli, berikut ini tugas dan fungsi broker asuransi dan mengapa anda perlu menggunakannya.

Pengertian Broker Asuransi

Apa itu broker asuransi? Broker asuransi merupakan badan yang bertujuan untuk membantu nasabah agar mendapatkan seluruh haknya serta mendapatkan pelayanan maksimal dari perusahaan asuransi. Badan ini dibentuk oleh pemerintah untuk menjaga kepentingan nasabah sebagai bentuk perlindungan pemerintah bagi seluruh pengguna asuransi. Secara garis besar, broker asuransi adalah sebuah institusi yang berbeda dengan agen asuransi lainnya.

Tugas dan Fungsi

Sebagai badan yang dibentuk untuk melindungi nasabah, tugas dan fungsi broker asuransi antara lain:

  1. Mengidentifikasi dan menghindari resiko yang dapat terjadi pada nasabah selama menggunakan asuransi
  2. Membuat kontrak asuransi sesuai kebutuhan nasabah
  3. Bertugas sebagai perantara bagi nasabah dan perusahaan
  4. Melakukan negosiasi klaim apabila diperlukan
  5. Mengidentifikasi terjadinya pengurangan maupun usaha penghilangan hak nasabah serta menghindari kemungkinan tersebut
  6. Broker berfungsi untuk menjalankan risk inspection serta seluruh program administrasi selama polis asuransi berjalan.

Tidak hanya melindungi nasabah secara individual, broker asuransi juga diperlukan dalam pengurusan jaminan perlindungan karyawan sebagai bentuk kewajiban perusahaan terhadap asuransi karyawan.

Dalam menjalankan tugasnya, broker asuransi memiliki kewenangan :

  1. Broker berhak melakukan penagihan premi
  2. Saran dan pendapat dari broker asuransi memiliki sifat yang mutlak, yang artinya broker harus memberikan saran meskipun tidak diminta baik oleh nasabah maupun perusahaan asuransi
  3. Broker berwenang menyarankan penggunaan loss dan average adjuster apabila terjadi klaim besar.
  4. Broker dapat membayar klaim pada nasabah apabila mendapatkan persetujuan pihak penanggung

Alasan Menggunakan Broker

Membeli polis menggunakan broker asuransi dapat memberikan beberapa keuntungan antara lain:

  1. Proses yang cepat dan aman serta memiliki ijin operasi dari OJK
  2. Lebih praktis dan mudah karena terdapat perantara yang berfungsi untuk menjadi jembatan penghubung antara nasabah dan pihak penanggung
  3. Proses klaim menjadi lebih mudah
  4. Membantu dan melindungi hak dan kepentingan nasabah.

Calon nasabah harus mendatangi broker asuransi untuk mendapatkan placing slip. Setelah mendapatkan placing slip broker akan mulai bekerja seperti memperkenalkan calon nasabah dengan manajemen resiko agar dapat disesuaikan dengan kondisi dan keuangan calon klien serta menjalankan semua tugas sesuai dengan SOP broker asuransi.

Sebelum membeli asuransi sebaiknya lakukan konsultasi dengan broker asuransi mengingat tingginya persaingan jasa penyedia layanan asuransi yang dapat memberikan dampak negatif antara lain munculnya berbagai keluhan nasabah yang merasa dirugikan oleh pihak penanggung. Untuk itu dihadirkan tugas dan fungsi broker asuransi untuk menjamin kenyamanan serta menjadi representasi dua arah untuk kenyaman semua pihak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *